Tuesday, January 31, 2006

Bye Bye Kost...


(20 Juli 2005 – 30 January 2006)
Enam bulan kamar kost menjadi dunia senyap yang semula mengerikan dan kemudian berbah menjadi indah, karena improvisasi atas sunyi dan keperihan memanjang ketika hati menjadi serpihan luluh lantak oleh bengis penghianatan. enam bulan menjadi warna kepasrahan dan kebangrutan setelah sepuluh bulan yang melumpuhkan.

Kamar kost Bu Parmi menjadi singgasana, dilantai dua dan berjejer berdua saja dengan kamar mandi diluar kamar. Ia menjadi singgasana bagi sebuah hati yagn dihancurkan lalu ditelantarkan untuk kemudian dipungut dan dilemparkan legi kejurang kesengsaraan bathin yang lebih dalam. Dan jadi kebisaan sesudahnya.

Kini hidup bagaikan siput tanpa cangkangnya, remuk terinjak kaki sang durjana, terjepit diantara sederet karang kewajiban, terikat dengan tali temali kawat kepatutan. Kenangan kamar kost berisi begitu banyak cerita tentang sunyi kebahagiaan ditengah hamparan kemunafikan. Sunyinya melahirkan filsafat filsafat bijak, perenungan panjang atas makna hidup yang tak bisa berhenti untuk dipertanyakan. Didindingnya tercatata peperangan demi peperangan antara hati dan logika sepanjang masa yang menenggelamkan kesendirian.

Akan kurindukan indahnya hujan di jendela ketika matahari ternggelam di peraduan, akan kurindukan percakapan percakapan panjang yang menghiasi malam malam yang hitam. Dan pasti kukenangkan betapa diri pernah merasa menjadi pemenang karena merasa sanggup menaklukan ego hingga menyerah diantara ikhlas dan mengalah sambil berharap nurani masih tersisa di jiwa yang durjana; sang penganiaya.

Sekarang mohon diri, kaki melangkah meninggalkan catatan enam bulan menjauhi pintu untuk menuju pintu lain lagi yang penuh berisi iblis. Entah untuk berapa lama lagi menjadi nomanden, mengapung diantara keraguan dan sakit hati.

Bye bye kost….terimakasih telah membantuku tetap hidup dan tetap sebagai manusia…


Simatupang, 060131



4 comments:

me said...

semoga menemukan tempat "persinggahan" yang lebih "menjanjikan" buat hidup ^_^

Anonymous said...

I'll leave when I have to leave and I'll leave my foot prints to track me down...

Anonymous said...

Mana salah tempat?! ^_^ kekeuh gak ngaku yak...

Anonymous said...

Very nice site! »