Friday, June 14, 2019

RISALAH JATUH CINTA



: mp
Pejamkanlah mata dalam tidur tenangmu, dan dengarkanlah jiwaku bersyair untukmu;
Kutulis kesaksian hati, pengakuanku paling jujur kepada diri sendiri. Aku memujamu, memujamu sejak dahulu, dan semesetinya engkau tahu itu. Dan oleh karenanya aku telah jatuh kepada lubang dalam ketidak berdayaanku untuk tidak bersamamu. Bagiku engkau adalah dunia damai yang kutinggali dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari hariku yang normal. Mungkin bagiku engkau juga adalah udara yang selalu ada meskipun kita tidak perlu meminta, ada untuk memberi kehidupan.
Sungguh perasaanku mengalir bagaikan mata air yang tak berhenti menyusuri setiap lorong pikiran dan jiwamu, membawamu juga berselancar disetiap kelok labirin pikiranku. Cintaku padamu hampir sepenuh hati, sehingga membuat logikaku mati fungsi. Aku telah habis habisan membelanjakan perasaankku hanya padamu. Akan kau lihat bahwa cintaku padamu adalah cinta terbaik yang pernah ada didunia. Tidak akan ada engkau temukan pengalaman seperti ekspresi cintaku padamu dalam hidupmu, bahkan dari cerita cerita cinta orang lain yang mungkin pernah kau dengar.
Aku memujamu karena engkau adalah hidupku. Susah, sedih, senang dan bahagianya diriku selalu saja memabawamu untuk ikut serta merasakan, atau setidaknya menyimpan keinginan permanen untuk mengajakmu mengalaminya kelak; suatu saat. Mengajakmu ke tempat tempat yang begitu eksotis seperti yang telah ku ceritakan selalu dalam perjalanan hidupku padamu; setiap hari selama duabelas tahun terakhir ini. Ah, betapa engkau telah menjadi bagian inti dari hidupku; hidup yang bahagia. Selama itu pula kubiarkan diriku larut dalam pemujaan dan menganggapmu sepakat membangun cita cita purba kita; menghabiskan hari tua bersama. 
Engkau tahu, betapa bangganya aku ketika engkau menjadikanku seseorang yang engkau puja seperti halnya aku memujamu. Aku memujamu karena kesederhanaanmu. Juga sikapmu yang seolah selalu menjadikan aku bagian penting dari hidup keseharianmu. Ah, aku telah jatuh cinta padamu sejak lama, lama sekali sampai kuyakini selama itu bahwa perasaanmu juga sama denganku; mengagungkan hubungan rahasia kita. Kita sudah tidak lagi merahasiakannya, karena perasaanku yang tertuju padamu adalah nyata. Bahwa aku teramat menyayangimu, itu pasti. Bahwa aku takut kehilanganmu, itu juga pasti, sebab tanpamu bagiku tidak ada kehidupan di dunia ini. Aku akan memilih mati.
Akan kuceritakan saja padamu tentang masa depan dalam khayalanku, sekalian untuk mencurangi masalalu yang terus saja memprovokasi pikiranku. Hidup bersama denganmu adalah cita cita dan impianku sejak dulu. Cita cita dan impian itu kusimpan begitu rapat menjadi rahasia yang kusembunyikan darimu, oleh sebab sesuatu.  Didalam kehidupan batinku, duniaku adalah kamu. Ingin rasanya menghauskan pertanyaan pada diri sendiri tentang keputusanmu yang menghancurkanku belakangan, tetapi itu hanya akan mengorek luka yang bisa meradang kapan saja; terutama pada saat salah makan.
Tumbuh tua bersamamu, maka fisik kita sudah jauh berkurang dari kondisi sekarang. Tidak apa, cinta tidak akan tumbuh menua bersama usia. Rasa cintaku rasanya akan abadi dan tidak mengenal dimensi ruang dan waktu. Setuju tidak? Lihatlah kita sayangku; terpisah 11.217 kilometer, tetapi kita lebih dekat dari siapapun. Kita juaranya. Tumbuh tua bersamamu, kita akan menjadi manusia yang sederhana; hanya saja penuh cinta. Selama duabelas tahun ini saja aku sudah merindukanmu setiap hariku, dan setiap pertemuan adalah keajaiban yang ingin kuabadikan. Coba bayangkan, betapa bersyukur bahagianya hidupku jika setiap hari dapat bertemu denganmu. Akan terjadi keajaiban setiap hari, setiap kali aku bertemu denganmu. Bagiku, kesanku padamu tentang engkau sebagai malaikat penyelamatku tetap ada dalam hatiku.

Khayalku tentang masa depan denganmu seolah nyata dan menjadi patron dalam hidupku. Aku percaya bahwa ketika hati kita kuat memohon, maka Tuhan akan mengabulkan. Kita hanya tidak akan tahu kapan Tuhan akan mengabulkan keinginan kita. Keinginan sederhana saja, hidup bersama dihari tua, menikmati cinta sepenuh jiwa. Kita akan menanam untuk apa yang ingin kita makan. Menumbuhkan dan memelihara tetanaman yang menghasilkan sesuatu adalah keajaiban yang bisa kita syukuri setiap hari. Kita akan membiasakan diri untuk menggali lebih dalam segala sesuatu, karena disana akan kita temukan keindahan. Dari sekian banyak hal sederhana yang kita pandang sebagai keindahan, maka akan terbentuk dunia kita yang serba indah. Indahnya akan cepat mengubur masalalu, dan menjadi tembok penghalang supaya demons tidak bisa menyeberang.
Sayang,
Jika tumbuh tua nanti, hitunglah keriput di wajahku ketika aku tertidur. Terjemahkanlah setiap garis keriput kulit wajahku sebagai cerita panjang tentang segala pengalaman hidup yang kubagi denganmu. Aku telah menahbiskan diriku untuk menjadi manusia kaca bagimu, manusia transparan yang bisa engkau lihat seluruh isi kepala sampai ke dada. Bahkan lebih daripada itu, kuajak engkau untuk hidup senafas, terhubung dalam gawai di setiap gerak dan ucap kita. Itu semua agar engkau tahu; tidak ada sesuatupun yang kusembunyikan darimu. Bukahkah itu akan membuatmu merasa nyaman dan percaya pada perasaan cintaku padamu? Jika engkau terganggu ragu, kekasihku, tengoklah ke belakang, kali ini salami lebih dalam segala isi perasaan yang kusimpan dalam tulisan. Atau, cukup ingatlah kembali; seseorang yang selalu menyapamu setiap hari selama duabelas tahun tanpa henti. Aku rasa akulah satu satunya lelaki dalam hidupmu yang mampu se konsisten itu dalam merawat sebuah hubungan. Aku merasa nyaman denganmu, merasa bahwa aku berhak memiliki dunia rahasia yang berisi bahagia, dan dunia rahasia itu hanya dihuni dua orang saja; aku dan kamu!

Kuceritakan kepadamu tentang harapan harapan yang kusimpan rapat dan menjadikanku semangat. Harapan itu  seperti jimat yang membuatku selalu berusaha baik dalam berbuat. Kupersembahkan dan kupamerkan semua pencapaianku padamu. Bagiku, kebanggaanku adalah bisa membuatmu bangga, dan kebahagiaanku adalah mampu membuatmu hidup bahagia. Aku telah hidup bahagia bersamamu selama ini, maka tidak akan sulit menurutku untuk membawamu ke dunia bahagiaku itu. Menjaga, mengambil alih semua cemasmu dan melayanimu setiap hari adalah harapan paling sederhanaku. Aku tidak peduli bagaimana itu nanti bisa terjadi, kerena seperti kataku sebelumnya, telah kumatikan logikaku hanya untukmu. Akan kuajak engkau ke tempat tempat yang pernah kuceritakan, dan akan kuceritakan padamu tentang perasaanku padamu pada saat dulu aku di tempat itu.  Kita akan tua, keriput dan satu persatu pesendian tulang kita akan menyerah. Tetapi itu semua tidak akan membuatku tunduk lemah. Bagiku, kekaguman dan rasa sayangku padamu bukan tumbuh dari faktor yang tampak kasat mata. Kecintaanku padamu tumbuh dari sesuatu yang terasa dalam hati dan jiwa, bukan dari yang tampak dari mata.
Demikianlah, rasanya kata dan kalimat tidak akan pernah cukup untuk dapat mengekspresikan perasaanku padamu, dan betapa besar rasa cintaku padamu. Seluruh persediaan kata dan kalimat hanya untuk menyanjungmu, mengutarakan isi hatiku tanpa sungkan dan malu. Bagiku engkau adalah hidupku sendiri, tujuan dan juga inti dari seluruh kehidupanku. Lihatlah aku sayang, yang babak belur melawan pikiranku sendiri dan kemudian memilih jalan perih bersamamu. Apapun asal bersamamu, maka kuyakin bahwa Tuhan memberikan keajaiban yang kita butuhkan. Bukankah kita sudah membuktikan itu berulang ulang?
Cintaku,
Pertanyaan gamang tentang candaan atau sindiran tentang kesetiaan cinta yang kita bahas satu kelumit itu melintas begitu saja. Betapa cinta telah melukai begitu banyak anak manusia, bahkan membunuhnya. Dan betapa perasaan manusia dapat berubah menurut situasi dan waktu. Aku takut suatu saat tiba tiba datang kesadaran rasionalmu dan kemudian diam diam menjauhiku, bahkan mungkin ‘membunuhku’. Engkau tahu, aku hampir mati hanya oleh kekecewaanku pada sikap tak terpujimu sebelumnya. Sebenarnya masalahnya sederhana, aku hanya tidak mau kehilangan kamu. Aku tidak bisa hidup tanpa kamu. Bagiku, tetap memiliki kamu dalam dunia batinku adalah sepadan dengan pedih perih yang harus kulewati sendirian. Itulah perjuangan, menurutku. Memperjuangkanmu hampir merenggut semua kehidupanku. Aku ingin bangkit dan kuat lagi agar mampu menjagamu kelak. Aku ingin kepalaku tegak lagi dengan senyum lebar kesukaanmu di bibirku, agar aku mampu mengadopsi semua kecemasan dan ketakutanmu. Aku ingin menjadi manusia istimewa buatmu, sekarang dan selamanya.
Soal siapa yang kemudian akan memicu candaan dan sindiran soal kesetiaan cinta, aku rasa aku cukup yakin dengan pengalaman batinku sendiri bahwa perasaanku akan tetap lebat seperti duabelas tahun belakangan ini. Cintaku padamu tak berkurang dan tak tergoyahkan meskipun jarak dan waktu memenjara kita dalam rindu yang menggebu. Kita sudah terbiasa begitu, terbiasa menahan rindu, dan jarang bisa bertemu. Tetapi tahukah kamu cintaku, kondisi itu membuat perasaan cinta yang tumbuh dalam jiwaku menjulang tak terlawan. Aku ingin kamu merasakan cinta terbaik, dan cinta terbaik itu akan datang dariku; seperti biasa.
Kekasih,
Rasanya tidak akan ada selesainya aku menuliskan isi perasaanku padamu. Maka akan kuajak engkau dalam setiap gerak dan tarikan nafasku supaya engkau tahu bahwa disana selalau ada kamu yang menemaniku. Selamilah setiap lorong dan labirin rahasia pikiranku agar tenteram jiwaku untuk menitipkan hati rapuh pada perawatanmu.
Jangan jauh jauh dariku, sebab hanya padamu aku berharap. Kuminta bersetialah pada cinta kita seperti kisah kisah epic fiksi. Jadilah dirimu sendiri seperti sekarang ini, bebaskanlah dirimu dari kungkungan keharusan yang hanya akan menyenangkan orang lain tetapi menenggelamkanmu. Ingat selalu bahwa ada aku yang selalu membanggakanmu, ada aku yang selalu kagum kepada pencapaianmu. Aku mengingat semua proses metamorphosismu sejak kita pertama bertemu. Dan lihatlah sekarang, bahkan pelosok dunia adalah tempat bermainmu sekarang; tempat yang bahkan tidak sempat melintas dalam pikiranku. Dan sikap manismu padaku itu, yang tetap menempatkanku beberapa langkah didepanmu – itu katamu. Insan mana yang tidak lemas dan bangga diperlakukan seperti itu?  Kebanggaan seseorang adalah ketika seorang yang diistimewakanya menempatkan dirinya sebagai orang yang memberi pengaruh baik dan  menempatkan diri sebagai manusia yang baik. Aku adalah kekasih terbaikmu, dan aku tahu itu; dan engkau lebih tahu tentang itu.
Aku mencintaimu sungguh sungguh. Lihat langkahku, mengayun maju; menuju kamu. 
I love You 3000x.
Bambuapus, 190529




1 comment:

michelle said...

Izin promo ya Admin^^
bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~